sejarah mainan edukasi kayu

Standard

Mainan yg terbuat kayu biasanya berupa suatu bentuk sederhana yang merangsang anak-anak memainkan imajinasinya. Puzzle kayu mampu mendorong perkembangan kognitif anak sama baiknya dengan mengembangkan keterampilan motorik halus mereka. Mainan tunggangan kayu dan mobil-mobilan berpedal dapat meningkatkan keterampilan fisik dan perkembangan motorik kasar. Baik berupa sebuah stasiun pemadam kebakaran atau rumah pertanian, paket mainan bangunan miniatur membantu perkembangan sosial dan emosional. Dengan kesederhanaannya, mainan kayu mengandung nilai pendidikan yang cukup besar.

image

Mainan plastik pada umumnya masih lebih murah jika dibandingkan dengan mainan kayu. Dianggap lebih aman karena sifat mainan kayu yang mudah terbakar dan mungkin dapat menjadi penyebab sakit dan luka akibat terlempar atau jatuhnya benda-benda dari kayu. Namun mainan kayu tidak mengandung PVC beracun seperti mainan plastik. Mainan kayu adalah mainan paling tahan lama dan biasanya mampu bertahan dari generasi ke generasi bermain.

Mainan kayu kini hanya dinilai keinovatifan, jika tidak lebih dari itu, dibanding mainan modern, mainan elektronik. Mobil, truk, dan perahu layar kayu menjadi hadiah yang indah dan mainan pull along yang dapat ditarik dengan tali atau lainnya cukup menyenangkan bagi balita. Permainan ketenangan seperti catur dan halma, dan bahkan tic-tac-toe bisa didapati terbuat dari kayu, begitu pula permainan fisik seperti cincin lempar. Untuk mainan yang memberikan manfaat pendidikan dan awet selama beberapa dekade, pilihlah mainan yang telah diuji oleh waktu, mainan kayu.

Naaah dlm perkembangannya, disebut Mainan Edukasi karena dapat merangsang daya pikir anak. Termasuk di antaranya meningkatkan kemampuan berkonsentrasi dan memecahkan masalah. Tapi ngomong-ngomong, bagaimana membedakan mainan jenis ini dari mainan lainnya? Simaklah jawaban-jawaban tentang mainan edukatif yang disampaikan Dra. Mayke S. Tedjasaputra, M.Si., psikolog perkembangan dari Fakultas Psikologi UI, yang juga terapis bermain.

image

Mainan yang termasuk kategori mainan edukasi :

* Diperuntukkan bagi anak balita
Yakni mainan/Alat Permainan/Alat Peraga yang memang sengaja dibuat untuk merangsang berbagai kemampuan dasar pada balita/Mainan Bayi.

* Multifungsi
Dari Alat Permainan Edukatif bisa didapat berbagai variasi mainan sehingga stimulasi yang didapat anak juga lebih beragam.

* Melatih problem solving
Dalam memainkannya anak diminta untuk melakukan problem solving. Dalam permainan pasel misalnya, anak diminta untuk menyusun potongan-potongannya menjadi utuh.

* Melatih konsep-konsep dasar
Lewat Alat Mainan, anak dilatih untuk mengembangkan kemampuan dasarnya seperti mengenal bentuk, warna, besaran, juga melatih motorik halus.

* Melatih ketelitian dan ketekunan
Dengan Mainan Edukasi, anak tak hanya sekadar menikmati tetapi juga dituntut untuk teliti dan tekun ketika mengerjakannya.

* Merangsang kreativitas
Permainan Edukatif ini mengajak anak untuk selalu kreatif lewat berbagai variasi mainan yang dilakukan. Bila sejak kecil anak terbiasa untuk menghasilkan karya, lewat permainan rancang bangun Mainan Kayu misalnya, kelak dia akan lebih berinovasi untuk menciptakan suatu karya, tidak hanya mengekor saja.

Berikut berbagai manfaat mainan edukasi :

* Melatih kemampuan motorik

* Melatih konsentrasi

* Mengenalkan konsep sebab akibat

image

* Melatih bahasa dan wawasan

* Mengenalkan warna dan bentuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s